.

Selamat datang di blog pribadi Kuliah Fisika Dasar ----bagi mahasiswa yang mengunjungi blog silahkan mengisi absen di kotak pesan -----Terimakasih

Rahasia orang Yahudi

Inilah Rahasia Mengapa Bangsa Yahudi Jenius

E-mailCetakPDF
Artikel Dr Stephen Carr Leon patut menjadi renungan bersama. Stephen menulis dari pengamatan langsung. Setelah berada 3 tahun di Israel karena menjalani housemanship dibeberapa rumah sakit di sana. Dirinya melihat ada beberapa hal yang menarik yang dapat ditarik sebagai bahan tesisnya, yaitu, “Mengapa Yahudi Pintar?”
Ketika tahun kedua, akhir bulan Desember 1980, Stephen sedang menghitung hari untuk pulang ke California, terlintas di benaknya, apa sebabnya Yahudi begitu pintar?
Kenapa tuhan memberi kelebihan kepada mereka? Apakah ini suatu kebetulan? Atau hasil usaha sendiri?
Maka Stephen tergerak membuat tesis untuk Phd-nya. Sekadar untuk Anda ketahui, tesis ini memakan waktu hampir delapan tahun. Karena harus mengumpulkan data-data yang setepat mungkin.
Marilah kita mulai dengan persiapan awal melahirkan. Di Israel, setelah mengetahui sang ibu sedang
mengandung, sang ibu akan sering menyanyi dan bermain piano. Si ibu dan bapak akan membeli buku matematika dan menyelesaikan soal bersama suami.
Stephen sungguh heran karena temannya yang mengandung sering membawa buku matematika dan bertanya beberapa soal yang tak dapat diselesaikan. Kebetulan Stephen suka matematika.
Stephen bertanya, “Apakah ini untuk anak kamu?”
Dia menjawab, “Iya, ini untuk anak saya yang masih di kandungan, saya sedang melatih otaknya, semoga ia menjadi jenius.”
Hal ini membuat Stephen tertarik untuk mengikut terus perkembangannya.
Kembali ke matematika tadi, tanpa merasa jenuh si calon ibu mengerjakan latihan matematika sampai genap melahirkan.
Hal lain yang Stephen perhatikan adalah cara makan. Sejak awal mengandung dia suka sekali memakan kacang badam dan korma bersama susu. Tengah hari makanan utamanya roti dan ikan tanpa kepala bersama salad yang dicampur dengan badam dan berbagai jenis kacang-kacangan.
Menurut wanita Yahudi itu, daging ikan sungguh baik untuk perkembangan otak dan kepala ikan mengandungi kimia yang tidak baik yang dapat merusak perkembangan dan penumbuhan otak anak didalam kandungan. Ini adalah adat orang orang Yahudi ketika mengandung. menjadi semacam kewajiban untuk ibu yang sedang mengandung mengonsumsi pil minyak ikan.
Ketika diundang untuk makan malam bersama orang orang Yahudi. Begitu Stephen menceritakan, “Perhatian utama saya adalah menu mereka. Pada setiap undangan yang sama saya perhatikan, mereka gemar sekali memakan ikan (hanya isi atau fillet),” ungkapnya.
Biasanya kalau sudah ada ikan, tidak ada daging. Ikan dan daging tidak ada bersama di satu meja. Menurut keluarga Yahudi, campuran daging dan ikan tak bagus dimakan bersama.Salad dan kacang, harus, terutama kacang badam.
Uniknya, mereka akan makan buah buahan dahulu sebelum hidangan utama. Jangan terperanjat jika Anda diundang ke rumah Yahudi Anda akan dihidangkan buah buahan dahulu. Menurut mereka,dengan memakan hidangan kabohidrat (nasi atau roti) dahulu kemudian buah buahan, ini akan menyebabkan kita merasa ngantuk. Akibatnya lemah dan payah untuk memahami pelajaran di sekolah.
Di Israel, merokok adalah tabu, apabila Anda diundang makan dirumah Yahudi, jangan sekali kali merokok. Tanpa sungkan mereka akan menyuruh Anda keluar dari rumah mereka. Menyuruh Anda merokok di luar rumah mereka.
Menurut ilmuwan di Universitas Israel, penelitian menunjukkan nikotin dapat merusakkan sel utama pada otak manusia dan akan melekat pada gen. Artinya, keturunan perokok bakal membawa generasi yang cacat otak ( bodoh). Suatu penemuan yang dari saintis gen dan DNA Israel.
Perhatian Stephen selanjutnya adalah mengunjungi anak-anak Yahudi. Mereka sangat memperhatikan makanan, makanan awal adalah buah buahan bersama kacang badam, diikuti dengan menelan pil minyak ikan (code oil lever).
Dalam pengamatan Stephen, anak-anak Yahudi sungguh cerdas. Rata rata mereka memahami tiga bahasa, Hebrew, Arab dan Inggris. Sejak kecil mereka telah dilatih bermain piano dan biola. Ini adalah suatu kewajiban.

Menurut mereka bermain musik dan memahami not dapat meningkatkan IQ. Sudah tentu bakal menjadikan anak pintar.
Ini menurut saintis Yahudi, hentakan musik dapat merangsang otak. Tak heran banyak pakar musik dari kaum Yahudi. Seterusnya di kelas 1 hingga 6, anak anak Yahudi akan diajar matematika berbasis perniagaan. Pelajaran IPA sangat diutamakan. Di dalam pengamatan Stephen, “Perbandingan dengan
anak anak di California, dalam tingkat IQ-nya bisa saya katakan 6 tahun kebelakang!! !” katanya.
Segala pelajaran akan dengan mudah di tangkap oleh anak Yahudi. Selain dari pelajaran tadi olahraga juga menjadi kewajiban bagi mereka. Olahraga yang diutamakan adalah memanah, menembak dan berlari.
Menurut teman Yahudi-nya Stephen, memanah dan menembak dapat melatih otak fokus. Disamping itu menembak bagian dari persiapan untuk membela negara.
Selanjutnya perhatian Stephen ke sekolah tinggi (menengah). Di sini murid-murid digojlok dengan pelajaran sains. Mereka didorong untuk menciptakan produk. Meski proyek mereka kadangkala kelihatannya lucu dan memboroskan, tetap diteliti dengan serius.
Apa lagi kalau yang diteliti itu berupa senjata, medis dan teknik. Ide itu akan dibawa ke jenjang lebih tinggi.
Satu lagi yg di beri keutamaan ialah fakultas ekonomi. Saya sungguh terperanjat melihat mereka begitu agresif dan seriusnya mereka belajar ekonomi. Diakhir Tahun diuniversitas, mahasiswa diharuskan mengerjakan proyek. Mereka harus memperaktekkanya.

Anda hanya akan lulus jika team Anda (10 pelajar setiap kumpulan) dapat keuntungan sebanyak $US 1 juta! Anda terperanjat? Itulah kenyataannya.(Sumber:http://www.sumbawanews.com)

Kumpulan soal latihan untuk Kuis Fisika


KUMPULAN SOAL KUIS   
No.1.
Dua  buah vektor A= 50N  membentuk sudut 120 derajat  thd sb X dan vektor B= 80N membentuk sudut 45 derajat thd sb X
Berapakah besar dan arah Resultan vektornya..? gunakan cara analitis

A.     104,8 N                           B.  10.48 N
C.    1048   N                           D.  140.8 N
2. Sebuah perahu menyeberangi sungai yang lebarnya 180 meter dan kecepatan arus airnya 4 m/s. ila perahu di arahkan menyilang tegak lurus sungai dengan kecepatan 3 m/s, maka setelah sampai diseberang perahu telah menempuh lintasan sejauh …. Meter
A. 100
B. 240
C. 300
D. 320
E. 360
3. Vektor F1 = 20 N berimpit sumbu x positif, Vektor F2 = 20 N bersudut 120O terhadap F1  dan F3 = 24 N bersudut 240 derajat terhadap F1.
Resultan ketiga gaya pada pernyataan di atas adalah :
A. 4 N searah F3
B. 4 N berlawan arah dengan F3
C. 10 N searah F3
D. 16 N searah F3
E. 16 N berlawanan arah dengan F3
4.Dua buah gaya bernilai 4 N dan 6 N. Resultan gaya tersebut tidak mungkin bernilai ….. N
A. 1
B. 2
C. 4
D. 6
E. 10
5. Dua buah vector V1 dan V2 masing-masing besarnya 20 satuan dan 15 satuan. Kedua vector tersebut membentuk sudut 120o. Resultan kedua gaya tersebut mendekati ……
A. 18
B. 30
C. 35
D.38
E. 48
6. Jika sebuah vector dari 12 diuraikan menjadi dua buah vector yang saling tegak lurus dan yang sebuah dari padanya membentuk sudut 30o dengan vector itu, maka besar masing-masing adalah :
A. 3 N dan 3V3 N
B. 3 N dan 3V2 N
C. 6 N dan 3V2 N
D. 6 N dan 6V2 N
E. 6 N dan 6V3 N


 
SOAL GLBB


1.     Sebuah Bus yang berjalan dengan laju 90 km/jam menabrak pohon. Bagian depan mobil tersebut penyok dan pengendaranya berhenti setelah terlempar sejauh 2 m. Berapa percepatan rata-rata si pengendara selama tabrakan ?(level 4)
2.      Seorang pengendara motor yang sedang mabuk ngebut dengan laju 120 km/jam melewati seorang polisi yang sedang duduk di atas motornya yang berhenti di pinggir jalan. Polisi tersebut langsung mengejar dengan percepatan konstan 5 km/jam /s (perhatikan satuan). Jika sepeda motor yang dikendarai pengendara mabuk bergerak dengan laju tetap, berapa lama waktu yang dibutuhkan polisi untuk mencapai pengendara mabuk tersebut ? (level 4)
3.      Seorang pelari berharap dapat menyelesaikan lari 10.000 meter dalam waktu kurang dari 30 menit. Setelah tepat 26 menit berlari, masih tersisa 1000 m. berapa sekon si pelari harus mempercepat larinya sebesar 0,20 m/s2 agar ia bisa mencapai waktu yang diharapkan ? (level 4)
4.      Seekor kucing sedang berjalan dengan laju 0,2 m/s. Karena melihat kucing, seekor tikus lari terbirit-birit dengan laju tetap 0,4 m/s. Jika kucing langsung mengejar tikus dengan percepatan tetap sebesar 0,2 m/s2, berapa lama waktu yang dibutuhkan kucing untuk menangkap tikus ? jika tikus ingin menyelamatkan dirinya dari bahaya maut, berapakah laju minimum yang dibutuhkan agar bisa tiba dengan aman di lubang persembunyian yang berjarak 3 meter ? (level 4)
5.      Misalnya dirimu sedang mengendarai mobil di jalan lurus dengan laju 60 km/jam. Pada jarak 100 meter di depan anda terdapat seorang anak SD yang sedang menyebrang jalan. Jika anda memberi perlambatan tetap sebesar 10 m/s2, apakah anak tersebut tertabrak ? jika dirimu tidak ingin masuk bui, berapakah percepatan minimum yang dibutuhkan agar mobil anda berhenti tepat di depan anak tersebut ? (level 4)
6.     Sebuah mobil mulai bergerak dari keadaan diam dengan percepatan tetap 2 m/s2. Setelah mobil bergerak selama 20 sekon, mesin mobil dimatikan. Jika mobil berhenti 20 detik kemudian, berapakah jarak yang masih ditempuh mobil sejak mesinnya dimatikan hingga mobil tersebut berhenti ? (level 4)
7.     . Seekor kuda jantan sedang kasmaran ketika melihat kuda betina pada jarak 60 meter. Kuda jantan langsung berlari menuju kuda betina dengan percepatan tetap 4 m/s2 sambil meringkik kegirangan. Setelah kuda jantan menempuh jarak 40 meter, kuda betina berlari ke arah kuda jantan dengan laju tetap 2 m/s. Pada jarak berapa keduanya bertemu ? (level 4)

SOAL  GERAK PARABOLA

1.. Sebuah meriam dimiringkan pada sudut 30o. Meriam tersebut menembakan sebuah peluru dengan kecepatan 200 m/s. Berapakah ketinggian yang dapat dicapai peluru ? berapa lama peluru berada di udara ? hitung juga jarak horisontal yang dapat dicapai peluru ! (level 3)

2. sebuah batu dilempar dalam arah horisontal dengan kecepatan awal 10 m/s dari sebuah puncak bukit setinggi 50 meter. Berapa lama waktu yang diperlukan batu untuk mencapai tanah ? berapakah kecepatan batu ketika menyentuh permukaan tanah?hitung juga jarak horisontal yang dapat dicapai batu dihitung dari kaki bukit.(level 3)
3. Sebuah bola sepak ditendang dengan sudut elevasi 30o dengan kecepatan 10 m/s. Hitung besar dan arah bola setelah 2 detik ! (level 3)

4.sebuah kelereng dijatuhkan dari sebuah meja dengan kecepatan awal 10 m/s. Jika tinggi meja 2 meter, berapa lama waktu yang dibutuhkan kelereng untuk mencapai lantai ? berapa jarak horisontal yang dapat dicapai kelereng tersebut, dihitung dari tepi meja ? (level 3)

5. Sebuah bola dilemparkan ke bawah dari atap bangunan dengan sudut 60oterhadap horisontal. Jika kecepatan awal bola 20 m/s dan bola mencapai tanah setelah 20 detik, hitung kecepatan bola ketika mencapai permukaan tanah !(level 3)

6. Sebuah bola dilempar horisontal dari atap bangunan yang tingginya 60 m dan mendarat 40 meter dari dasar bangunan. Berapa laju awal bola tersebut ?(level 3)

7. Ronaldinho menendang bola dari permukaan lapangan dengan laju 40 m/s dan sudut 45o terhadap arah horisontal. Berapa lama bola tersebut mengenai tanah kembali ? (level 3)

8. Tentukan seberapa jauh lebih tinggi orang dapat melompat di bulan dibandingkan dengan di bumi jika laju dan sudut lompatan sama. Percepatan gravitasi di bulan sama dengan seperenam gravitasi di bumi. (level 3)

9. Pilot sebuah pesawat yang terbang dengan laju 160 km/jam akan menjatuhkan bantuan makanan untuk koban gempa yang berada 160 m di bawahnya. Berapa detik sebelum pesawat tersebut persis berada di atas korban gempa bumi, makanan tersebut harus dijatuhkan ? (level 3)

10. Pada saat servis, seorang pemain tenis berusaha agar bola terpukul horisontal. berapa laju minimum yang dibutuhkan agar bola bisa melewati net setinggi 1 meter dan berjarak sekitar 15 meter dari pemain, jika bola dipukul dari ketinggian 2,50 meter ? (level 3)

11. Sebuah pipa air yang bocor menyemprotkan air pada sudut 30o dengan kecepatan 15 m/s. Air mengenai sebuah benda sejauh 5 meter pada ketinggiah P. Berapakah tinggi P ? (level 3)

12. Buktikan bahwa sebuah benda mencapai jarak horisontal maksimum jika diberi kecepatan awal pada sudut 45o terhadap horisontal. (level 3)

13. Tunjukan bahwa sebuah peluru akan mencapai ketinggian maksimum 3 kali lebih tinggi apabila peluru ditembakkan dengan sudut 60o dibandingkan jika peluru ditembakkan dengan sudut 30o (jarak horisontal sama) (level 3)
14. Sebuah bola basket dilemparkan ke keranjang dengan sudut 30o terhadap horisontal. Jika tinggi keranjang 10 meter dan jarak antara pelempar dan tiang keranjang 5 meter, berapakah kecepatan awal bola basket ? (level 3)

15. Sebuah benda dilemparkan dengan sudut elevasi 60o dengan kecepatan awal 20 m/s. Hitunglah koordinat benda setelah 2 detik dan ketinggian maksimum yang dicapai benda ! Hitung juga kapan dan di mana benda mencapai tanah kembali ! (level 3)

16. dari sebuah helikopter yang naik ke atas vertikal dengan kecepatan 10 m/s ditembakkan sebuah peluru pada arah mendatar dengan kecepatan 100 m/s. Peluru tersebut ditembakan ketika helikopter berada pada ketinggian 50 meter di atas tanah. Kapan, di mana dan kecepatan berapa peluru mencapai titik tertinggi dan mencapai tanah ! (level 3)

17. seorang pemain basket melempar bola ke keranjang dengan kecepatan awal 100 m/s pada jarak 20 meter dari tiang keranjang. Jika ketinggian keranjang 10 meter, berapakah sudut lemparannya agar bola mengenai keranjang ? (level 3)

18. sebuah pesawat pembom terbang ke atas dengan kecepatan 40 m/s dan membentuk sudut 30o dengan bidang horisontal. pada ketinggian 600 meter, sebuah bom dilepaskan. Di mana bom tersebut jatuh ? (level 3)

SOAL GERAK MELINGKAR
1.     Baling-baling sebuah helikopter memiliki diameter 4 m melakukan 1000 putaran dalam 30 detik. Berapakah jarak yang telah ditempuh oleh sebuah titik pada tepi baling-baling tersebut ? (level 3)
2.     Roda sebuah mobil memiliki jari-jari 30 cm. Jika sebuah titik pada tepi roda telah menempuh 600 meter, berapa jumlah putaran yang telah ditempuh roda tersebut ? (level 3)
3.     Sebuah roda berputar dengan kecepatan 210 rpm. Hitung kecepatan linear suatu titik yang terletak pada 10 cm dari pusat roda ! (level 3)
4.     Sebuah roda yang berdiameter 100 cm berputar dengan kecepatan sudut 900 rpm. Berapakah kelajuan tangensial pada sebuah titik di tepi roda tersebut ? (level 3)
5.     Sebuah katrol memiliki diameter 10 cm. Kecepatan sudutnya berubah dari 10 putaran/detik menjadi 30 putaran/detik selama 10 detik. Berapakah percepatan sudutnya ? (level 3)
6.     Sebuah roda berjari-jari 20 cm berputar pada porosnya. Dari keadaan diam, kecepatan sudutnya berubah menjadi 100 rpm selama 10 detik. Berapa percepatan sudut roda tersebut ? hitung juga percepatan tangensial pada tepi roda ! (level 3)
7.      Sebuah kipas angin berputar dengan kecepatan 500 rpm. Hitung kecepatan sudut dalam satuan rad/s ! Jika panjang baling-baling kipas angin 40 cm, berapa kecepatan linear pada tepi baling-baling ? (level 3)

0 komentar:

Sap Fisika Dasar

SILABUS DAN DISKRIPSI FISIKA DASAR

Buku Fisika Dasar (ITB)

Fisika Dasar 1 (UGM)

Bab I Besaran dan satuan

Bab II. Pembahasan Vektor

Bab III Kinematika gerak lurus

Bab IV Gerak dalam bidang datar

Bab V Hukum-hukum Newton tentang gerak

Hukum Newton Tentang gerak

BAB VI USAHA DAN ENERGI


Fisika_usaha Energi Daya

Momentum linier dan tumbukan

Momentum sudut dan Rotasi

KESETIMBANGAN PARTIKEL


Kesetimbangan Partikel

KESETIMBANGAN BENDA TEGAR(1)

KESETIMBANGAN BENDA TEGAR


22-kesetimbangan-benda-tegar